Ramadhan 2020: Planner, Personal Improvement

Ramadhan 2020 ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ada satu makhluk mikro Tuhan yang memberi dampak makro ke seluruh dunia. Corona namanya. Ramadhan kita-pun terdampak. Walau sedih karena ramadhan kini berbeda dengan ramadhan-ramadhan sebelumnya, tetap harus mengingatkan diri bahwa semua ini sudah dalam suratan takdir Allah.

Baca juga: Anak Sakit Batuk Pilek: COVID-19 atau Seasonal Flu? Tips menangani anak batuk pilek tanpa harus ke rumah sakit selama Pandemi COVID-19!

Sebagai manusia, kita hanya bisa menerima, dan memaksimalkan diri untuk menghadapi ujian yang ada. Karena hidup pada dasarnya adalah ujian. Allah menguji kecintaan kita pada-Nya. Ramadhan 2020 dibuat-Nya kita berdiam di rumah. Mungkin Allah mau lihat, kita gunakan seperti apa waktu kita? Selama ini selalu urusan dunia menjadi penghambat. Selalu ada alasan tidak menambah rawatib, tidak khatam Al-Qur’an, tidak berdzikir, tidak tarawih, tidak berinfaq, tidak mendengar kajian.. Tidak menyibukkan diri untuk mengingat Allah SWT. Astaghfirullah.. 

Now guess what? He has removed your dunya alibis. What would you do now?

Sebetulnya memang self-improvement harusnya tidak hanya dilakukan saat ramadhan saja. Tapi, mengingat ramadhan adalah bulan yang spesial, di mana pahala kita dilipatgandakan, maka this is currently a high time for us to reflect and improve to ultimately be the better version of us by the end of the month in sha Allah. Oleh karena spesialnya bulan ini, kita harus memastikan bahwa waktu kita tidak terbuang sia-sia. Kalau biasanya kita punya tracker untuk urusan dunya, untuk memastikan produktivitas kita di dunia, alangkah baiknya kalau kita juga menyiapkan tracker dan planner untuk urusan akhirat. Bagaimanapun, kita hidup untuk akhirat, bukan? :)Saya pada dasarnya adalah organizing, management, and planner freak. Nanti ke depannya saya mungkin akan banyak membahas ke arah sana. Tapi in the meantime, mari kita me-manage ramadhan ini supaya pahala yang didapat maksimal. Memang ramadhan sudah jalan 2 minggu. But better late then never, kan? 🙂

Berikut saya share Ramadhan Daily Planner yang saya buat sendiri. Bentukannya lebih kurang seperti gambar di bawah, dalam Bahasa Indonesia dan bentuknya PDF. Jadi bisa langsung diprint saja. 

Daily Planner

Untuk yang mau mengkhatamkan Qur’an di bulan ini. Ada panduan mudahnya sekiranya ingin mengkhatamkan sekali, dua kali, atau bahkan lebih. Cukup dihitung perlembarnya saja. Jadi lebih mudah, tidak perlu mencatat. Jadi kuncinya adalah membaca setelah selesai shalat fardhu atau di antara satu shalat fardhu dan shalat fardhu lainnya. Lebih kurang seperti ini sistemnya:

Tabel Khatam Quran
Source: Blog Mba Dian Wahyuni. Dalam postingannya, beliau juga memberikan tips untuk mempermudah khatam Al-Quran saat Ramadhan 2020.

Untuk membantu men-track sejauh apa mengajinya, lebih jauh Abu Selsa-Marzia juga membuat tabel untuk menandai progres mengaji. Harapannya dengan melihat progres, kita jadi lebih terpicu untuk menyelesaikan hingga khatam. Lebih kurang tampilan Excel-nya seperti ini:

20200502_194311.jpg
Silahkan download editable Excelnya pada link di atas.

Kami sertakan file excel-nya Ramadhan 2020 Tadarus Time Tracker untuk didownload. Kenapa file excel? Karena ini bisa digunakan di luar bulan ramadhan. Silahkan tinggal mengganti tanggal dan target halaman akhir yang dibaca. 

Nah, masih terkait soal khatam Quran. Saya mau share sedikit tentang aplikasi Quran yang akhir-akhir ini saya pakai di handphone. Judulnya Quran Journey. Memang tafsirnya dalam Bahasa Inggris. Tapi, dia punya beberapa mode yang aplikasi Quran kebanyakan tidak punya. Tampilannya nanti seperti ini:

wp-1588424166665.png
Jadi bisa dilihat, selain berfungsi sebagai Al-Quran digital, dia juga ada tab Inspiration yang menampilkan quote of the day, hadith of the day, dan surah of the day.

Tampilan Al-Qurannyapun bisa disetting seperti seolah membaca mushaf dalam bentuk buku. Selain itu, dia punya mode bot yang bisa kita beri pertanyaan. Mode bot-nya bisa dicoba di sini

wp-1588424166719.png
Bisa disetting tampilan seperti ini atau settingan seperti app Quran digital pada umumnya.

Ma sha Allah ya ada aplikasi seperti ini. Untuk sementara saya rasanya akan menggunakan aplikasi ini dulu sebelum menemukan aplikasi dengan inovasi yang lebih baik. Kalau temen-temen tahu aplikasi yang lebih kece boleh share di sini ya 🙂

Selamat beribadah teman-teman. Semoga kita bisa memaksimalkan self-improvement kita bulan ini. Jadi kita bisa graduate Ramadhan dengan nilai tertinggi and be the best version of ourselves. 

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *