Review: Kiddy Hipseat Baby Carrier 2 in 1

Berhubung Bella sekarang beratnya sudah nyaris mencapai 8 kg di usianya yang nyaris menginjak 7 bulan ini, otot-otot Ummi kadang suka protes kalau diajak menimang si Bella sayang.

Lelah, ceunah, laporan para otot. Terutama paling bawel itu otot bahu, leher atas, dan punggung Ummi. Berisik banget, hampir tiap minggu minta dimassage. Untung Abinya Bella perhatian dan penyayang. Tanpa Ummi mention, selalu digodain disuruh massage ke salon.

Ya tapi masa tiap minggu massage therapy? Yang ada nanti giliran jurnal keuangan keluarga Jovandi yang ngambek. Duh aduh.

Akhirnya mulailah Ummi melirik-lirik pilihan gendongan potensial, karena jujur aja, GEOS (gendongan kaos) wrap yang selama ini jadi andalan Ummi sudah kurang terasa lagi manfaatnya. Inginnya Ummi adalah gendongan yang nyaman untuk dipakai lama menggendong Bella, plus bisa memberikan Ummi fleksibilitas untuk tetap beraktivitas bebas dengan Bella di gendongan Ummi.

Banyak maunya ya Ummi? Hehe

Tipe Gendongan Carry

Eh, tapi, siapa sangka, ada loh ternyata jenis gendongan yang bisa memenuhi semua keinginan Ummi tadi. Dan memang ternyata lagi hits: yaitu jenis gendongan carry. Jadi semacam kangaroo pouch gitu atau semacam pakai ransel – mostly terutama tipe carry di depan, walau ada beberapa juga yang bisa disetting gendong belakang macam ransel.

Bentuknya juga ga jauh dari tas ransel. Jadi ada bantalan nyaman yang ngga bikin otot pegel. Tipe gendongan seperti ini membagi beban Dedek selain ke kedua bahu dan punggung, juga ke pinggang carrier-nya. Jadi, beban yang dirasa oleh tiap-tiap otot ngga begitu berat, secara dibagi-bagi gotong royong, kan.

Nah, masalahnya setelah Ummi konsul ke Mbah Google, ternyata oh ternyata, harganya tidak seramah gendongannya. Garang, bok. Rata-rata di atas 1 jutaan. Padahal, kan, Ummi cuma butuh mostly buat kegiatan di rumah aja. Soalnya kalau jalan keluar Bella tuh anteng pake stroller.

Mutar cari alternatif, Ummi fikir, daripada beli bentuk KW dari brand terkenal luar seharga jetijetian, mendingan Ummi beli brand lokal harga bersahabat yang punya fungsi sama. Ummi fikir, ya, kalau KW (kenapa KW) itu berarti ada beberapa kekurangan dari bentuk original-nya. Ummi takut, kekurangan itu bikin Bella ga nyaman dan tanpa Ummi ketahui, bisa kecolongan mencederai Bella. Jadi mending beli yang serius aja, tapi brand lokal. Akhirnya pilihan Ummi jatuh pada:

Kiddy Hipseat Baby Carrier 2in1

Kiddy Hipseat
Ini boleh search di Mbah Google. Pilihan warna ada 3 ini.

Kenapa Hipseat?

Soalnya Bella tuh udah montok banget sekarang unch unch. Jadi kalau gendong tipe samping/ sling, berat itu didistribusikannya ga seimbang gitu loh ke bagian otot-otot Ummi. Biasanya sisi yang menopang dada-perut-pantat-kaki bakal lebih pegel dibanding sisi lainnya. Kalau hipseat, berat Dedek dipusatkan di tengah, jadi seimbang kiri-kanan.

20180723_052740.jpg
Tolong abaikan Ummi yang pucat dan kumel. Baru balik kerja ini hahaha.

Selain itu, Bella di usia 6 bulan ini masih latihan-latihan manja buat duduk tegak. Kalau digendong tipe kangroo pouch, di mana posisi tubuh Bella jadi vertikal tegak, otot-otot punggung Bella bisa terlatih untuk mulai menopang badannya, walau ga banyak.

Kenapa Kiddy yang Ini?

Ummi beli gendongan ini online. Jadi, memang ga bisa banyak compare sama merk lokal lainnya. Selain juga, merk lokal yang Ummi sering denger dan banyak berseliweran di Google Ads Ummi ya Kiddy.

Sebenernya kalo ketik Kiddy Hipseat, di Google Image, pasti yang banyak muncul itu tipe yang Ummi punya ini (2 in 1) atau yang satu lagi (4 in 1). Kenapa Ummi beli yang (2 in 1)? Soalnya penyangga bahunya tuh kelihatannya ga kaku seperti barang satunya. Yang Ummi pakai persis ransel yang Ummi dulu suka pake pas jaman sekolah. Jadi lebih familiar aja. Yang satunya kelihatannya kaku dan terlalu lebar. Terus, yang (4 in 1) itu tuh sebenernya sama aja (2 in 1) kalau Ummi liat deskripsinya. Posisinya itu itu aja. Paling, dirinci Dedek di hipseat duduk hadap depan atau duduk hadep penggendong. Aneh ya gitu aja dirinci.

20180723_053512.jpg
Ini kalau bagian ranselnya dilepas. Dedek bisa dihadapkan ke penggendong. Kalau tidak dilepaspun tetap bisa.

Kenapa Ummi berani beli yang ini juga, karena tipe ini yang Ummi nemu review video dan blognya berdasarkan pengalaman pribadi yang ngeshare.

Nah, setelah Ummi pakai selama 2 minggu, Ummi bisa share beberapa hal ini:

1. Warna Umum Ga Murahan

Ummi seneng warna netral seperti coklat. Pilihan warnanya itu ngga norak, jadi bisa dipakai Ummi dan Abi (tersedia warna coklat, biru, dan maroon).

2. Cukup Kokoh Strukturnya

Jahitannya tight, ya. Baik jahitan antar struktur, maupun jahitan velcrow ke struktur intinya. Cetekannya juga lumayan kuat (8/10). Jadi selain velcrow di pinggang, didouble safety sama cetekan itu. Cetekan ada di pinggang dan di punggung atas.

3. Bagian Dada/ Punggung Bisa Dilepas

Bella itu sering keringetan. Apalagi bagian kepala dan punggung. Nah, bagian punggung gendongan Kiddy ini bisa dilepas (tanpa melepas ransel, ya) – sisa jaring-jaring gitu. Jadi semriwing angin bisa dirasain punggung/ dada Bella. Jadi doi anteng deh digendong lama.

4. Cost-friendly and Price-worthy

Ummi ngerasa purchase Ummi ini sesuai dengan harganya. Kalau di toko online semacam Tokopedia dan Bukapalak, gendongan ini bisa didapatkan dengan harga di bawah IDR 200k loh!

Harga Kiddy
Kalo disearch di Google kisaran segini ya. Tapi kalau dibuka di platform Tokopedia atau Bukalapak langsung bisa dapet loh di bawah IDR 200k. Ummi beli harga IDR 180k.

5. Hipseat Aja-nya Kuat

Seperti layaknya gendongan carrier yang dilengkapi hipseat, bagian ransel dari gendongan ini bisa dicopot, jadi tersisa cuma hipseatnya aja. Walau  begitu, lumayan kuat (dia terbuat dari bahan keras gitu, struktur bawahnya). Ngga turun-turun, yang penting masang ikatan pinggang dan velcrownya kuat aja.

20180723_053211.jpg
Kalau tangan Ummi dilepas itu tetep horizontal datar. Betul-betul kuat.
20180723_054441.jpg
Pakai hipseatnya aja bisa digendong samping ala baby gitu, walau sekarang Bella mah udah ga betah diginiin.

Over all, ya lumayan lah. Mungkin, kekurangan yang bikin agak sedih itu karena gabisa digendong di belakang (lumayan padahal kalau bisa, Ummi bisa gendong Dedek sambil masak) dan gaada kain penutup kepala buat menyangga kepala Bella kalau Bella tidur (jadi harus dipegangin kepalanya biar ga sengklek sengklek).

Yang Ummi seneng banget, Ummi sekarang ototnya ga sakit-sakit lagi gendong Bella dan Bella mungkin nyaman banget ya digendong ala Kangaroo style gini, jadi baru digendong sebentar sambil dingajiin langsung pules. Happy!

Total score point 3/5.

Ini ada Review Kiddy Hipseat dari penjual (Ummi beli di tokonya Kokoh ini). Coba aja dicek ya videonya untuk lebih dapat gambaran – kali mau sekalian beli di tokonya Kokoh itu juga hehe.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *