Bekerja di Lead Genius

Akibat terlalu girang memulai kembali perjalanan blogging kali ini, Ummi jadi skip ngerjain kerjaan online Ummi seharian kemarin. Ya ampun.

Ummi sebetulnya punya pekerjaan di dunia nyata. Nanti kapan-kapan Ummi cerita tentang pekerjaan Ummi yang itu. Tapi sekarang Ummi mau sharing tentang kerjaan Ummi yang lain – kerjaan mudah yang menghasilkan uang lumayan from the comfort of my own home. Siapa tau ada ibu-ibu yang tertarik kan. Bisa sambil ngurus anak di rumah dengan waktu yang fleksibel, tapi pendapatan minimal bisa seperti UMR Jakarta.

Juga di dunia kerja online (atau beberapa nyebutnya work from home), Ummi bukan orang baru. Alhamdulillah beberapa kali pernah mencoba bekerja di beberapa perusahaan online yang memang ngambil pekerja dengan cara crowd sourcing ke berbagai negara di dunia. Kerja dari rumah, di Indonesia, tapi punya teman kerja atau co-workers di negara-negara lain. Unik, ya?

Tapi, honest review Ummi, dari beberapa perusahaan online yang Ummi pernah kerja, the best tuh ini sih. Soalnya ngga berasa nguli karena kerjanya bahu membahu dengan  pegawai lainnya. Jadi berasa bagian dari suatu komunitas spesial tertentu gitu 😉

Apa itu Lead Genius?

LG

Lead Genius itu perusahaan yang berjalan di dunia B2B (business to business) Commerce. Jadi, perusahaan ini menjual pelayanan yang dapat meningkatan performa bisnis lain. Dalam hal ini, mem-provide client-nya dengan koneksi ke perusahaan lain (soalnya agar sebuah bisnis bisa tumbuh, tentunya perlu networking kan).

Kalau Ummi kebetulan kerjanya sebagai Data Researcher.

Data Researcher di Lead Genius

Data Researcher LG

Bagaimana cara Lead Genius mem-provide networking ke perusahaan lain? Well, mereka punya sekelompok orang yang tugasnya memang mencari kontak dari berbagai perusahaan-perusahaan, mostly US-based or Europe-based, melalui platform ataupun interface yang sudah mereka buat. Orang-orang ini disebutnya Data Researcher dan Ummi salah satunya.

Perlu ngerti IT dong? Ngga sama sekali. Data Researchers di Lead Genius bisa dari berbagai macam back ground. Nanti setelah diterima akan ada masa pelatihan selama beberapa hari untuk mem-familiar-kan kita tentang work scope yang akan kita kerjakan setelah diterima sebagai pekerja di sini. Tenang aja, untuk masa pelatihanpun kita dibayar. Jadi waktu yang kita habiskan untuk apply di perusahaan ini tidak sia-sia (bahkan kalau keputusan akhir dari masa pelatihan, seseorang dinyatakan tidak lulus, dia tetap terima bayaran untuk waktu yang dia habiskan menjalani pelatihan tersebut). Fair ya.

Sebagai Data Researcher, kita diminta bekerja 4 jam sehari, minimal 20 jam seminggu. Waktu kerja kita bisa dipecah menjadi beberapa menit atau jam dalam sekali kerja. Kita bekerja dalam satu tim, dengan seorang Project Manager yang membawahi kita. Jadi melapornya sama Project Manager.

Memang, untuk pekerjaan ini kita dituntut untuk memiliki Bahasa Inggris yang baik. Soalnya berbeda dari perusahaan lainnya, bekerja di Lead Genius kita ngga dijadikan kuli. Tapi, menjadi suatu keluarga virtual yang bekerja untuk mencapai satu tujuan sama (yaitu making the client happy pastinya). Jadi, kita akan sering berkomunikasi dengan teman kerja kita melalui platform khusus yang sudah disediakan (mostly chat, tapi kadang suka voice call juga lewat Google Hangout).

Dibayarnya Gimana?

Gaji Pertama LG
Itu gaji pertama Ummi dari Lead Genius, yang kata Ummi dari pelatihan itu <3

Ada target pekerjaan yang Ummi harus capai, tergantung projects-nya, karena kebutuhan tiap-tiap project berbeda-beda. Misal, salah satu project minta minimal Ummi bisa dapatkan 8 kontak per jam. Jadi, Ummi akan dibayar per 8 kontak yang Ummi dapatkan.

Nanti dikirim uangnya via Paypal. Jadi dibayar tiap 2 minggu sekali. Juga berbeda dari perusahaan lain, Lead Genius ngga pernah telat ngirim gaji sih selama Ummi kerja di sini. Jadi happy deh Ummi.

Tapi biasanya orang-orang suka meragukan PayPal karena belum faham bagaimana cara kerjanya dengan akun bank di Indonesia. Maybe nanti kapan Ummi bakal sharing tentang fitur PayPal yang satu ini.

Tapi, above all, yang paling Ummi suka dari kerja di sini itu karena platform-nya pake warna pink hahaha. Soalnya mungkin disetting begitu karena kebanyakan pekerjanya ibu-ibu/ perempuan, ya. Biar betah dan nyaman mungkin kerjanya.

Hayuk lah mungkin ada yang tertarik bisa daftar di sini. Soalnya pekerja Indonesia sejauh ini baru dua orang termasuk Ummi. Itu juga Ummi yang ngajak. Untuk memudahkan, nanti di bagian referral sebut aja nama panjang Ummi (mau tau nama panjang Ummi? Kontak Ummi ya! hehe)

Good luck!

 

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *